Tuesday, February 17, 2009

PENIPUAN GAYA BARU

PENIPUAN
dengan MODUS kehilangan sertifikat, cek, dll

18 Februari 2009
Zaman sekarang penipuan makin beragam caranya, ada yang berbentuk undian, kecelakaan, penjualan, dll. Untuk kali ini cara penipuannya agak berbeda yaitu dengan cara pelaku sengaja menjatuhkan barang-barang miliknya seperti surat-surat berharga, sertifikat tanah, cek dan lain-lain.



Seperti beberapa waktu yang lalu di tempat saya bekerja telah terjatuh beberapa “surat penting” berupa sertifikat tanah, cek senilai 5 miliar dan surat keterangan kerja. Dalam surat tersebut tercantum beberapa nomor telepon. Karena kami rasa surat-surat tersebut penting maka salah seorang rekan kami mencoba menghubungi salah satu nomor tersebut. Dan ternyata benar, bahwa penerima telepon menyatakan kehilangan surat-surat tersebut.

Selanjtunya sebagai ucapan terimakasih rekan saya mau ditransfer sejumlah uang. Kemudian penerima telepon tersebut menanyakan kepada rekan saya apakah punya ATM, tentu saja dijjawab ya oleh rekan saya kemudian rekan saya kembali ditanya apakah ada isinya dijawab lagi ya oleh rekan saya. Kemudian orang tersebut memandu rekan saya menuju sebuah ATM dan tanpa merasa curiga sebelumnya rekan saya mengikuti saja perintah orang tersebut.

Seralah dipandu untuk memejet nomor-nomor tertentu setengah kaget rekan saya mulai sadar, kenapa kalau mau ditrasnfer kenapa saya yang mau mentransfer. Setelah sadar betul akhirnya rekan saya terebut memencet tombol cancel. Ternyata rekan saya baru sadar bahwa dirinya mau tertipu. Ternyata panduan yang didiktekan oleh orang tersebut hanayalah trik untuk mengelabui mangsanya. Buktinya setelah itu nomor HP tersebut sudah tidak bisa dihubungi kembali.

Jadi waspadalah terhadap mondus seperti itu. Jangan sampai anda menjadi korban ulah orang yang ingin megeruk keuntungan dengan cara yang tidak halal. Semoga pengalaman ini bisa menambah kewaspadaan kita semua agar tidak gampang kena tipu.

No comments:

Post a Comment